Yasin: Kades Harus Gercep, Inovatif dan Kreatif Serta Mampu Gali Potensi Desa Menuju Masyarakat Desa Sejahtera

Share disini :

Sukamakmur,DELIKNEWS. ID -Bupati Bogor, Ade Yasin didampingi Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan lantik Deden Aden sebagai Kepala Desa Pabuaran Kecamatan Sukamakmur, hasil pemilihan kepala desa antar waktu masa bakti 2022-2027 menggantikan Kades sebelumnya karena meninggal dunia, di Pabuaran River Farm, Sukamakmur, Rabu (16/3/22).

Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan bahwa Kades harus gerak cepat, inovatif dan kreatif, rutin turun ke masyarakat, melek digitalisasi serta mampu menggali potensi desa dengan baik menuju masyarakat desa sejahtera.

Ade Yasin juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Deden Aden sebagai Kepala Desa Pabuaran antar waktu hingga kini masyarakat Desa Pabuaran sudah memiliki Kepala Desa. Ia berharap dipimpin oleh Deden Aden yang terbilang masih muda, bisa memimpin Desa Pabuaran lebih gerak cepat.

“Selamat melaksanakan tugas, lakukan pemberdayaan, pembangunan dan pembinaan untuk kemajuan masyarakat Desa Pabuaran,” ujar Ade Yasin.

Ade Yasin menyampaikan agar kepala desa menjadi pimpinan yang inovatif, kreatif dan merakyat, artinya selalu turun langsung ke masyarakat untuk melihat dan mengetahui kondisi, potensi dan permasalahan yang ada di wilayah. Jangan hanya bekerja di kantor tetapi harus lebih rutin turun langsung ke masyarakat.

“Kades harus kreatif dan inovatif serta mampu menggali untuk mengoptimalkan potensi sumber daya dan kearifan lokal dan mengelola APBD secara efektif, efisien dan transparan. Transparansi ini juga sedang jadi budaya di kita, tak hanya di desa tapi juga di Kabupaten Bogor,” bebernya.

Tambah Ade Yasin menyatakan bahwa Pemerintah Desa merupakan salah satu pilar otonomi daerah yang berada di garda terdepan dalam pembangunan daerah, kepala desa harus mampu menguasai semua potensi yang ada, mampu memberdayakan dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, serta mampu mendengar keluhan atau pertanyaan warga terhadap program-program desa.

“Jadi jangan takut ketika ada warga yang bertanya ABCD kita jawab ABCD, jadi jangan takut, jangan lari dari tanggung jawab, jangan pula lari dari pertanyaan-pertanyaan masyarakat, tapi jawablah dengan benar dan berikan pemahaman yang baik kepada warganya,” tutur Bupati Bogor.

Ia juga meminta, agar Kades bisa juga memberantas kemiskinan terlebih ditengah pandemi Covid-19. Fokus pada rehab Rumah Tidak Layak Huni, fokus memberdayakan masyarakat, menciptakan lingkungan dan sanitasi yang bersih, serta bisa menciptakan budaya gemar membaca di masyarakat.

“Lalu kembangkan Bumdes dan optimalkan teknologi komunikasi dan informasi, karena sekarang jamannya digitalisasi, saya juga memiliki program yang namanya Sekolah Pemerintahan Desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan IPB untuk meningkatkan kualitas dan pendidikan para Kades, saya kira itu wajib diikuti oleh kepala desa. Kemudian perkuat juga kemitraan dengan BPD, koordinasi dan konsultasi kepada camat apabila ada permasalahan di desa ataupun hal-hal lain yang memerlukan kejelasan lebih lanjut,” tukasnya.

Sebagai Informasi turut hadir dalam kegiatan Pelantikan Kades yakni, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Muhammad Ansori, Dandim 0621, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala DPMD, Camat Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Acep Sanusi/ (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Share disini :
error: Content is protected !!