Tari Gending Sriwijaya Sambut Kedatangan Kasad di Bumi Sriwijaya

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Palembang – Tari Gending Sriwijaya diiringi gamelan dan lagu Gending Sriwijaya menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., beserta rombongan di Palembang, yang juga dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya, Senin (7/3/2022).

Tarian indah yang ditarikan oleh para penari wanita berpakaian adat lengkap tersebut, adalah tarian yang memiliki filosofi yang dalam. Tari Gending Sriwijaya menggambarkan ketulusan masyarakat setempat dalam menyambut tamu. Tarian tradisional tersebut mengandung nilai ketulusan, sopan santun, serta keramah tamahan. Tari ini hanya ditampilkan saat ada kunjungan tamu-tamu agung dan dibawakan dengan syair lagu suka cita.

Kasad beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana sendiri terlihat terkesan dengan tarian yang ditampilkan dalam kunjungan kerjanya di Palembang. Selain karena memahami makna tarian tersebut, juga karena prosesi semacam ini menjadi salah satu bentuk pelestarian budaya Indonesia.

Prosesi penyambutan Kasad di Bumi Sriwijaya dimulai dengan pengalungan selempang kepada Kasad dan penyerahan hand bucket kepada Ketua Persit KCK oleh Putra dan Putri Sriwijaya, dilanjutkan dengan penampilan tarian, serta ditutup dengan gerakan akhir dimana para penari menyajikan kapur dan sirih kepada tamu agung yang datang, sebagai bentuk penghormatan.

Kunjungan Kerja Kasad di Palembang diantaranya akan diisi dengan Kasad memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Palembang. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan vaksinasi kerja sama TNI AD dengan Kimia Farma di Balai Prajurit, serta pada malam harinya, Kasad beserta rombongan direncanakan akan menghadiri acara makan malam bersama Forkopimda setempat.

Sementara kegiatan Ketua Umum Persit KCK akan diisi dengan peninjauan ke beberapa tempat budaya peninggalan kerajaan Sriwijaya. Diawali dengan menyusuri sungai Musi dari Bekangdam II/Swj menuju Pulau Kemaro, dilanjutkan mengunjungi Kuil Budha Pagoda 9 lantai, dan Klenteng Hok Tjing Rio. Terakhir, Ny. Rahma Dudung Abdurachman dijadwalkan akan mengunjungi rumah adat Sumatera Selatan, yaitu Rumah Limas Palembang.

Kedatangan Kasad di bandara Sultan Mahmud Badruddin II disambut langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi serta para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Selatan. Beberapa pejabat yang terlihat hadir menyambut Kasad beserta rombongan, yaitu Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel, Kalanti Sumsel, Kasdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Danlanal Palembang dan Danlanud SMH Palembang.

Autentikasi : Dispenad

Share disini :
error: Content is protected !!