Rumah Zakat kolaborasi program dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel

Share disini :

Palembang – Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinkes Sumsel H. M. Ifan Fahriansyah, SKM, M.Kes mengatakan rasa senang dan terima kasih kepada Rumah Zakat dan Relawan Indonesia atas kerjasamanya untuk penyelesaian hutang pasien.

“Alhamdulillah kita telah menyelesaikan hutang atas nama Dinar Ayu dan M. Gibran,” ujarnya. Saat di wawancarai di RSMH Palembang, Sabtu ( 26/2/2022).

Lebih lanjut, dia menambahkan jumlah penduduk miskin di Sumsel ini 1,1 juta jiwa telah memiliki jaminan di bantu oleh PBI pusat 2,7 juta lalu 1,5 jutanya dibantu oleh PBI APBD.

“Tentunya diantara itu masih ada yang tidak memiliki jaminan. Untuk itulah kita perlu sekali bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak. Pemrov Sumsel sangat peduli dengan kesehatan dan berusaha seoptimal mungkin membantu warga Sumsel yang kesulitan dalam layanan kesehatan,” paparnya.

Multi Manager RSMH dr. Apri Melda Syafaruddin menambah, pihak maneger telah dihubungi pihak direksi menerima bantuan secara simbolis terhadap pasien yang sangat membutuhkan.

“Kami dari pihak RSMH sangat berterima kasih atas kepada Rumah Zakat dan Relawan Indonesia yang telah membantu dan juga dari Dinkes kesehatan provinsi Sumsel yang sudah memfasilitasi kami. Kami berterima kasih karena masih ada orang orang yang peduli terhadap pasien yang butuh bantuan,” ujarnya.

“Kami berharap kerjasama ini terus terjalin dan berharap ada lagi pihak pihak yang ingin menyumbangkan sebagian dananya untuk orang orang yang sangat membutuhkan,” tandasnya.

Sugandi dari Rumah Zakat mengungkapkan, Ada dua pasien yang kami bantu selesaikan hutangnya di RSMH.

Lanjutnya, sugandi mengatakan ” mendapatkan informasi dari Dinkes Sumsel dan mencoba konfirmasi bahwa ada dua pasien yang tertunggak pembayarannya,” ungkapnya.

Ternyata salah satu pasien telah meninggal yang pembayarannya tertunggak. Total bantuannya untuk dua pasien tersebut 36jt lebih. M. Gibran sebesar 23 juta dan atas nama Dinar Ayu sebesar 12 juta.

Kemudian, ia menambahkan untuk mendapatkan bantuan pasien itu kami skrining dulu, berkoordinasi dg pak Ifan.

“Kita menghimpun dana dari para donatur. kami berkerjasama dengan relawan Indonesia dalam membantu pasien, menghimpun dana serta menyalurkannya” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Relawan Indonesia Ferta mengatakan kami bermitra dengan Rumah Zakat dalam bidang kesehatan.

“Selain bermitra dengan Rumah Zakat kami ada kegiatan sendiri. Kemarin kita kasih bantu kepada korban kebakaran di Kertapati. Kemudian ada beberapa pasien yang kurang mampu kita bantu berupa sembako. Kita terus bergerak sesuai dengan tagline kita “Bergerak, Melayani”. Kita bersama tim mencari siapa yang layak kita bantu,” pungkasnya.( Ocha )

Share disini :
error: Content is protected !!