Ratusan Warga Sungsang Kehilangan Rumah di Awal Ramadhan

Share disini :

Deliknews.id | Palembang – Si jago merah melahap puluhan rumah di lorong kerangga, Sungsang 1, Kabupaten Banyuasin, pada Sabtu (2/4). Api dengan cepatnya melalap sedikitnya 26 rumah yang ada di pemukiman padat penduduk tersebut. Data mutakhir per Rabu (3/4) pukul 09.00 WIB, sekitar 41 KK atau 135 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Penyebab kebakaran ini disinyalir dari ledakan kompor gas di salah satu rumah warga, yang berdekatan dengan tempat penjualan bensin.

Tim relawan ACT yang berada di lokasi segera melakukan proses evakuasi dan penyaluran bantuan pada Hari Minggu pagi (3/4/2022) .

“Kami sambil membawa sejumlah kebutuhan emergency untuk para korban hingga insyaallah sampai sepekan ke depan,” kata Aris, Head Program ACT Palembang, menurutnya saat ini para korban masih darurat kebutuhan logistik dan sandang.

Warga yang banyak didominasi pedagang, nelayan, dan peternak walet ini terpaksa diungsikan ke musholah kecil berukuran 5×10 meter.

Salah satu korban, Aprianti yang tak kuasa menahan rasa tangis melihat rumah sekaligus tempat dirinya dan suami mencari uang, hangus terbakar.

Dia mengaku secara langsung melihat tak ada satu pun harta benda yang bersisa atau yang dapat diselamatkan.

“Kejadiannya begitu cepat saya hanya berpikir untuk menyelamatkan anak sambil menggendongnya keluar rumah,” kata dia.

Hingga satu minggu kedepan, ACT akan terus menyalurkan bantuan baik makanan maupun bantuan lainnya kepada para korban, khususnya untuk berbuka dan sahur, di ramadhan ini.

Mereka juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin ikut berdonasi, bisa menyalurkan bantuan melalui Kantor Cabang ACT Terdekat, salah satunya yang berada di Jalan Sudirman km 3,5 Palembang. Atau melalui  rekening MANDIRI : 1270007816612 atas nama Aksi Cepat Tanggap. ( Ocha )

Share disini :
error: Content is protected !!