Pinjaman Dana Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional/Daerah Harus Jelas Peruntukannya dan Tepat Sasaran

Share disini :

DELIKNEWS.ID, GAYO LUES – Berbagai program Pemerintah selama tahun 2021 telah on-track. Kebijakan belanja countercyclical Pemerintah, khususnya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah melindungi masyarakat yang rentan serta menstimulasi sektor usaha untuk kembali tumbuh positif. Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang output-nya sudah kembali pada level pra-pandemi.

Di tahun 2022, Pemerintah melalui program PEN dan lainnya terus mendorong penguatan pemulihan ekonomi agar dapat mengoptimalisasi penyerapan angkatan kerja baru, termasuk pekerja yang sebelumnya terdampak pandemi,”, dikutip dari laman Kemenkeu.go.id

Jika kita kaji dikabupaten Gayo Lues Pinjaman dana Untuk pemulihan ekonomi Nasional/Daerah kita ini seharusnya mempunyai program yang sangat menyentuh kepada masyarakat kalangan bawah.

Misalnya program apa yang seharusnya bisa menghasilkan Pendapatan Daerah dan itu harus dimaksimalkan untuk ditumbuh kembangkan,sebab yang namanya pinjaman pasti berbunga dan jika program pemerintah daerah ini berhasil tentu keuangan pemerintah Gayo Lues kedepannya juga akan berangsur membaik.

Namun jika program pemerintah kabupaten Gayo Lues ini gagal maka pembangunan kedepannya akan terhambat sebab dana Alokasi Umum(DAU) yang seyogyanya bisa dimanfaatkan untuk pembangunan jangka pendek maupun jangka panjang akan terpotong untuk membayar pinjaman Tersebut.

Tentu kita berharap kepada pemangku kepentingan di daerah Gayo Lues supaya benar-benar membuat suatu perencanaan yang matang sehingga bisa memulihkan perekonomian daerah ini tanpa harus meninggalkan hutang yang dampaknya menghambat pembangunan kedepannya.(***).

Penulis Adalah : M.Purba,SH Anggota Peradi Yang tinggal dikabupaten Gayo Lues.

Share disini :
error: Content is protected !!