Perambahan Hutan Register 38 Gunung Balak Masih Marak Terjadi

Share disini :

Deliknews.id, Lampung Timur – Register 38 Gunung Balak yang berada di wilayah Dusun Bandung Jaya, Desa Bojong, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, syarat dengan Illegal Loging, Selasa (05/04/2022).

Register 38 Gunung Balak seharusnya kita jaga bersama untuk menghindari dari bencana alam, tanah longsor dan banjir. Hutan lindung ini juga berfungsi sebagai resapan air bersih, dimana rata-rata mata air dikawasan Lampung Timur bersumber dari Gunung Balak.

Menurut keterangan masyarakat sekitar, bahwa sering terjadi penebangan kayu keras diwilayah register 38 Gunung Balak.

Dengan dalih akan dilakukan penanaman kembali dengan komuditi alpukat, rupanya dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembalakan secara Illegal.

Diduga karna Lemahnya pengawasa Aparat yang mengawasi Register 38 Gunung Balak sehingga oknum tersebut dengan leluasa melakukan penggundulan daerah hutan lindung.

Menurut keterangan warga yang tak mau disebutkan namanya, ia mengatakan bahwa, ” Kalau penebang kayu disini bahasa memang akan ditanam kembali dengan Alpokat. Akan tetapi disini yang ditanam itu Jagung dan Singkong.” Tutur warga yang meminta awak media merahasiakan identitasnya.

” Pada waktu penebangan memang disiapkan bibit alpokat yang ada dihalaman rumah petani, karna jaga-jaga takut ada petugas dari kehutanan yang kontrol. Tapi gak jelas bibit alpokat tersebut dari mana dan punya siapa.,” Jelasnya.

Mengutip keterangan warga tersebut, disinyalir kuat ada modus dan rekayasa untuk memperlancar penebangan hutan lindung register 38 Gunung Balak.

Masyarakat meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas oknum perambah hutan tersebut. Karna dampak luas dari perambahan tersebut bisa menjadi bencana buat warga sekitar, umumnya Kabupaten Lampung Timur. (Red/Team)

Share disini :
error: Content is protected !!