Penekanan Pangdam IX/Udy Saat Apel Gelar Persiapan Pengamanan Kunker Wakil Presiden RI di Labuan Bajo

Share disini :

Labuan Bajo – Penerangan161 Gabungan personel TNI-POLRI menggelar apel persiapan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’aruf Amin beserta rombongan di wilayah Manggarai Barat, NTT di Lapangan Apel Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Minggu (13/03/2021) pagi.

Apel yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., ini dihadiri oleh Karoops Polda NTT Kombes Pol Ulami Sudjaja, Dirpolair Polda NTT Kombes Nyoman Budiarja, S.I.K, Sekda Kab. Manggarai Barat, Drs. Frans Sales Sodo, Kasi Ops Korem 161/WS Kolonel Inf Horas Sitinjak, Kasi Intelrem 161/WS Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Moh. Faisal Toar, Dandim 1625/Ngada Letkol Ferdinand, S.Pd.K, Dan Tim Paspampres Letkol Marinir Egi, Pabung Dim 1612/Mgr Mayor Inf Suparno Hadi dan para Dansubsatgas Pam VVIP.

Sementara itu, peserta apel terdiri dari personel gabungan TNI-POLRI serta instansi terkait lainnya.

Pada amanat Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M. yang di bacakan oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., menyampaikan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’aruf Amin beserta Rombongan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka Pembukaan Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 Tahun 2022. “Kunjungan kerja Wakil Presiden ke Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh Negara”.

“Kehormatan dan kepercayaan ini harus kita junjung tinggi dengan cara berbuat maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan kondusif, sehingga akan memberi arti penting bagi peningkatan citra Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kodam IX/Udayana selaku Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Pam VVIP Wilayah Bali Nusra bersinergi dengan Polda, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan unsur pendukung lainnya melaksanakan pengamanan Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia dengan mengerahkan sejumlah personel yang cukup besar. Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal”, kata Pangdam.

“Apel gelar pasukan ini merupakan sarana untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. Jadikan apel gelar ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada dilapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala dilapangan dapat segera diatasi. Upaya maksimal dari personel yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan munculnya gangguan yang dapat menghambat kelancaran kegiatan “, terang Mayjen Sonny.

Pelaksanaan kegiatan Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI dan Rombongan ini saya sampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh peserta apel sebagai berikut Pertama, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, cegah terjadinya kelengahan dengan meningkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

Keempat, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dalam tugas pengamanan. Kelima, cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas. Keenam, utamakan Faktor keamanan personel, materiil dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 serta terapkan 3M.

Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Budiman menambahkan pada kegiatan apel gelar pasukan ini, para Dansat masing-masing bagian segera memberikan Perintah Operasi kepada personel di tiap-tiap spot dan diharapkan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan Pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini disiapkan, baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing baik dari Unsur Satgas serta langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku.

( Penrem )

Share disini :
error: Content is protected !!