Pencapaian Luar Biasa, Jokowi Bangun Ratusan Km Jalan Tol dan Belasan Bendungan di Tahun 2021

Share disini :

Jakarta – Pencapaian pembangunan sebagai pondasi Negara di era Presiden Jokowidodo sangat luar biasa, bagaimana tidak. Ditahun 2021 saja, Ratusan kilometer Jalan Tol dan belasan Bendungan untuk kepentingan masyarakat telah dibangun. Hal tersebut dilakukan Jokowi untuk membangun peradaban kearah yang lebih baik, membangun konektivitas Budaya dan tentunya membangun infrastruktur Budaya.

Ditahun 2021 saja, sepanjang 410 kilometer Jalan Tol telah dibangun Jokowi yang tersebar diseluruh Wilayah yang menjadi jalan vital nasional. Diantaranta 101,6 kilometer Jalan Tol Jabodetabek, 115,8 kilometer Jalan Non Trans, dan 192,4 kilometer Jalan Trans Sumatera.

“ketika kita membangun infrastruktur fisik seperti jalan tol, bandara, mrt, lrt, kita sesungguhnya membangun peradaban, membangun konektivitas budaya, membangun infrastruktur budaya.” Ungkap Jokowi disela-sela peresmian salah satu Jalan Tol.

Selain itu, pada tahun 2021 juga, Presiden Jokowidodo telah membangun dan telah diresmikan sebanyak 13 bendungan, dan kini 13 bendungan tersebut sudah dinikmati masyarakat untuk pengairan dan kepentingan Masyarakat lainnya.

Bendungan pertama yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2021 adalah Bendungan Tukul di Jabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur pada 14 Februari 2021.

Selanjutnya, bendungan kedua yang diresmikan Presiden adalah bendungan tapin, di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan pada 18 februari 2021.

Lalu, Bendungan Napun Gete yang merupakan bendungan ketiga yang diresmikan Presiden untuk memenuhi kebutuhan air di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian, Bendungan Sindang Heula yang merupakan Bendungan keempat yang diresmikan Presiden pada 4 maret 2021 di Kabupaten Serang, Banten.

Bendungan Kuningan yang merupakan bendungan kelima yang diresmikan presiden di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Jokowi juga pada awal September 2021 juga telah meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung.

Pada 7 September 2021 jokowi telah meresmikan Bendungan ketujuh yaitu Bendungan Bendo di Ponorogo, Jawa Timur.

Pada 9 September 2021 Jokowi telah meresmikan Bendungan kedelapan yaitu Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Bendungan ke sembilan yaitu Bendungan Karalloe yang diresmikan oleh Jokowi pada 23 November 2021 di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Presiden Jokowi juga meresmikan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada 30 November 2021.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada 30 November 2021.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara memiliki kapasitas 45,9 juta meter kubik air dengan luas lahan 222 juta hektare pada 28 Desember 2021.

Terakhir, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan ke tiga belas yaitu Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, selasa 28 Desember 2021. (Red)

Share disini :
error: Content is protected !!