PDAM Tirta Intan Garut Terindikasi Banyak Masalah, Sekda Garut Kena Imbas ?

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Garut – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut, menjadi sorotan sejumlah media terkait keberadaan proyek pemasangan pipa jaringan yang diduga tidak sesuai spesifikasi teknis.

Berdasarkan temuan, pemasangan pipa jaringan menggunakan besi IWF berukuran 20 cm besi IWF, dan tidak menggunakan angin-angin, serta letak jaringan pipa kurang dari 1 meter dari bahu jalan dan ditempel pada besi jembatan, kemudian pemakaian Ben 90 drajat.

Sayangnya, pihak PDAM Tirta Intan sampai saat ini tidak menunjukan sikap kooperatif terhadap media dan enggan menjelaskan tentang proyek tersebut. Bidang Perencanaan PDAM, Ika saat dihubungi terkesan bertele-tele dan tidak pernah menjelaskan lebih lanjut proyek yang berada di Jalan Raya Wanaraja, Sadang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut.

Demikian juga, Direktur PDAM Tirta Intan, DR. H. Aja Rowikarim, S.ag M.ag, beberapa kali dihubungi tidak pernah menjawab panggilan dan pesan WhatsApp.

Sikap pengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut, justru semakin menambah kecurigaan bahwa, PDAM Tirta Intan terindikasi banyak masalah.

Dugaan itu tidak tanpa dasar, sebab menurut informasi yang diterima baru-baru ini menyebutkan PDAM Tirta Intan sedang menghadapi proses pihak Kejaksaan terkait pengeboran di 2 lokasi, yaitu di Karangpawitan dan di Surya Regensi. Itu artinya, PDAM Tirta Intan terindikasi memiliki rekam jejak tidak baik dalam mengelola perusahaan.

Mekanisme dan lokasi pegeboran tersebut diduga tidak sesuai aturan, dan terkesan dipaksakan. Selain itu, air yang di Surya Regensi keluarnya bau.

Terkait persoalan PDAM ini, juga disampaikan kepada Sekda Kabupaten Garut, ia merespon baik adanya masukan informasi dari media. Bahkan, Sekda akan scepatnya menghubungi atau memanggil pihak PDAM untuk dimintai klarifikasi atas beredarnya sejumlah pemberitaan. (Red)

Share disini :
error: Content is protected !!