Life Skill BNNK Gayo Lues, Kopi dan Jahe Merah Dijadikan Kuliner Wisata Agusen

Share disini :

GAYO LUES | Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues Fauzul Iman, S.T.,M.Si bersama Subkoordinator P2M Aramini Fitri, S.Pd.I beserta Personil melaksanakan Kegiatan Bimtek Life Skill di Desa Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Sabtu (19/03/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Blangkejeren Jusmaleara Senja, S.Sos, MSP, Ketua DPD IPeKB Provinsi Aceh Jenan Thaib, SE, Kepala Dinas DP3AP2KB, Yunidar, SE, Kodim Blangkejeren Kapten Inf Fazrul Azwar di wakili Babinsa Sertu Suyanto dan Sertu Abdiansyah, Pengulu Desa Agusen Ramadan, S.Pd, Sekretaris Desa M. Kasa, Instruktur life skill Azwat khalfi lubis juga 15 peserta kegiatan.

Instruktur life skill mengintruksikan peserta menyiapkan bahan pembuatan produk Sari Jahe Merah GDAD yaitu serai 5 batang, gula aren 1 kg, gula Pasir 1 kg, Pandan 10 Helai daun, Jahe merah 1 kg, cengkeh 100gr, kulit manis 50 geram, air 5 liter dan memandu langsung sampai produk siap di pasarkan.

Instruktur juga menyampaikan pembuatan produk ini merupakan salah satu bentuk inovasi kearifan lokal untuk industri kecil rumah tangga bernilai ekonomis yang dapat menunjang perekonomian masyarakat, masih banyak ke arifan lokal lainnya yang terdapat di Gayo Lues bisa di olah menjadi suatu produk baru sehingga masyarakat aktif dengan inovasi sendiri bahkan tidak sempat memikirkan tentang narkoba.

Pengulu Desa Agusen menyampaikan terimakasih kepada Kepala BNNK Gayo Lues telah melaksanakan life skill dan mengupayakan Desa Agusen menjadi wilayah GDAD juga mendukung visi misi Desa yaitu Meningkatkan UMKM usaha mikro bagi masyarakat Desa Agusen.

Kepada peserta life skill, ilmu yang di dapatkan agar di kembangkan, juga membuat kelompok serta setruktur kewirausahaan ,dalam upaya menciptkan inovasi produk lokal yang dapat menunjang kemajuan wisata Agusen sehingga masyarakat terhindar dari narkoba.

Camat Blangkejeren Jusmaleara Senja juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala BNNK Gayo Lues dan berharap terus melanjutkan program life skill ini juga tetap bersinergi dengan Pemda Gayo Lues khususnya Camat Blangkejeren.

Camat Blangkejeren akan menyampaikan langsung kepada Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru terkait legalitas produk dan kewirausahaan pada daerah wisata khususnya Desa Agusen.

Diharapkan juga kepada Pengulu Desa membuat regulasi dalam pembuatan RESAM KAMPUNG sebagai payung hukum dan berkontribusi dengan Daerah sehingga masyarakat tidak lagi menanam ganja dan menjadi penyalahgunaan narkoba.

Kepala Dinas DP3AP2KB dalam arahannya menyampaikan Kepala BNNK Gayo Lues luar biasa dalam bekerja terbukti dengan inovasi baru yang di ciptakan pada beberapa Desa di Gayo Lues.

Hal ini diharapkan terus berlanjut kedepannya, untuk peserta agar meningkatkan kembali ilmunya dalam membuat produk baru dan menghindari ganja untuk menunjang perekonomian masyarakat Gayo Lues khususnya Desa Agusen.

Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman, S.T.,M.Si dalam arahannya sekaligus menutup kegiatan Bimtek Life Skill menyampaikan inpres no. 2 tahun 2020 tentang rencana Aksi Nasional P4GN dan Permendagri nomor 12 tahun 2019, seluruh elemen Bangsa dapat bersinergi utk memerangi narkoba,dalam upaya P4GN, dan PEMDA dapat membentuk Tim Terpadu  P4GN kabupaten maupun kecamatan.

Kepada seluruh pendamping yang hadir juga di sampaikan bahwa dalam life skill ini peserta berhasil menciptakan produk kopi Jeger GDAD dan Sari Jahe Merah GDAD yang keduanya merupakan tanaman produktif penganti ganja , namun peserta masih memerlukan perhatian, dukungan juga modal agar menjadi wirausaha untuk memanfaatkan kearifan lokal dalam mengembangkan inovasi dan menciptakan produk lokal.

Sehingga dapat menekan angka Kultivasi ganja dan  penyalahguanaan narkoba. Pada tahun 2045 Indonesia mendapat bonus demografi dimana pemerintah membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,jadi persaingan dlm memperoleh pekerjaan perlu adanya keterampilan hidup(life skill), untuk modal kerja perlu bersinergi dgn BUMK,Koperasi dll dalam membina, memfasilitasi dan bekerjasama dengan masyarakat untuk membuka peluang usaha yang dapat meningkatkan pendapatan perkapita, sehingga masyarakat terhindar dari narkoba untuk mewujudkan Gayo Lues Bersih Narkoba. (Abdiansyah)

Share disini :
error: Content is protected !!