oleh

KRI Malahayati-362 Berhasil Tenggelamkan Kapal Musuh

-Berita, Nasional, TNI,-47 views

DELIKNEWS.ID, Surabaya – Salah satu unsur Satgas Latma Eagle Indopura 2021 KRI Malahayati-362, berhasil membombardir dan menenggelamkan Kapal Permukaan Musuh. Ini terjadi di Laut Jawa, saat pelayaran lintas laut (Linla) menuju daerah latihan di perairan Batam, Selat Singapura dan Laut Natuna dalam rangka latihan bersama dengan Angkatan Laut Singapura (RSN), Sabtu (11/9).

Komandan KRI Malahayati-362 Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo M.Sc mengatakan, jika hal diatas adalah skenario latihan sebelum melaksanakan latihan yang sebenarnya nanti. 

“Latihan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan profesionalisme dan menjaga naluri tempur prajurit KRI Malahayati-362. Sehingga dapat menunjukkan performance terbaiknya pada saat latihan bersama prajurit Angkatan Laut Singapura (RSN),” ujar Zemy. 

Lebih lanjut Ia mengungkapkan bahwa dalam latihan tersebut KRI Malahayati melaksanakan serial latihan Peran Tempur Bahaya Permukaan/Atas Air,  menghadapi kapal permukaan musuh yang akan menggagalkan operasi. Killer Tomato yang disimulasikan sebagai kapal musuh, dijadikan sasaran tembak dengan jarak 2.000 yard. 

“Selanjutnya KRI Malahayati membombardir sasaran menggunakan peluru tajam Meriam 120 mm, Meriam 40 mm dan Meriam 20 mm hingga berhasil ditenggelamkan,” papar Zemy. 

Zemy menambahkan bila latihan ini selaras dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), yakni agar unsur-unsur KRI jajaran Koarmada II yang terlibat dalam Latma Eagle Indopura 2021 harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sebab latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama antara kedua negara di bidang kelautan.

(Pen2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed