Koramil 1004/Tanjungsari Siaga Tanggap Bencana

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Sumedang – Intensitas hujan yang sangat tingg mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan malam hari  yang mengguyur wilayah Tanjungsari Pamulihan dan Sukasari pada Minggu sore 12 Maret 2022. Berdampak terjadinya beberapa kejadian longsor dan banjir. 

Diantara dampak dari curah hujan yang sangat tinggi pada sore ini antara lain  sekitar  Pukul. 18.00 WIB terjadi longsoran material tanah dari Tembok penahan tebing di sekitar tebing Boma di dusun  Cikeuyeup RT 03 RW 08 Desa Citali Kec. Pamulihan Kab. Sumedang. Yang menutup Badan Jalan Provinsi yang menghubungkan Pamulihan dengan Rancakalong. Longsoran sekitar Panjang 50 Meter dan tinggi 10 Meter menutup Akses Jalan. Saat ini Koramil Tanjung Sari mengerahkan  Babinsa Citali Serma Koko Koswara dan Babinsa Ciptasari Serma Rahmat dibantu Bhabinkamtibmas Polsek Pamulihan, BPBD, Damkar dan para relawan bencana RIKSA juga Relawan Rancatan beserta Warga masih membersihkan longsoran. Sementara dilaporkan Lalulintas sudah dapat dilewati dengan Buka Tutup jalan. Korban Jiwa NIHIL.

Kemudian sekitar pukul 18.15 WIB terjadi longsor di dusun Cigendel RT.  02 RW 08 Desa Cigendel  kecamatan  Pamulihan yang berakinag membuat luapan air membeludak kedataran rendah yang terdapat 2 Unit  Bangunan SD negeri Cigendel air beserta lumpur masuk ke area SD Negeri Cigendel kurang lebih ketebalan lumpur 10 Cm dan  matrial longsoran menempel ke tembok bangunan Sekolah. Sehingga air yang tergenang di Halaman Sekolah menabrak pagar tembok bangunan Sekolah yang akhirnya tembok roboh sepanjang 12 meter dan tinggi pagar kurang lebih 1 meter. Kondisi saat ini Babinsa Cigendel Sertu Sujidin dibantu warga berupaya mengalihkan Air agar tidak masuk ke perkampungan laiinya. Atau menutup Akses Jalan Raya Bandung – Sumedang

Dan sekitar pukul 18.30 WIB Di Dusun Cihonje RT 04 RW 03 Desa Cilembu Kec Pamulihan Kab. Sumedang telah  terjadi longsor bahu jalan Solokan kurang lebih panjang 5 M tinggi 2 M di belakang Rumah  Bapak Unung Taryana 47 tahun pekerjaan tani dan Bapak Opin Sopian 50 tahun pekerjaan tani akibat hujan deras. Tindakan saat Ini Babinsa Cilembu Sertu Nana dibantu para Warga melaksanakan evakuasi sementara terhadap warga yang kemungkinan bisa terdampak apabila terjadi longsor susulan.

Demikian juga beberapa genangan air akibat curah hujan yang sangat tinggi terjadi di sekitar pasar Tanjungsari yang berdampak terhadap tertutupnya Jalan Raya oleh genangan air namun saat ini air sudah mulai surut. Kejadian serupa terjadi di sekitar lampu merah pertigaan an pintu masuk Tol Pamulihan tepatnya di depan pintu perumahan PBR puskopad terjadi pula banjir disertai lumpur akibat curah hujan yang sangat tinggi dan kondisi saat ini pun sudah berlangsung normal.

Mengingat situasi sampai dengan saat ini pukul 20.00 WIB Danramil 1004/ Tanjungsari  mengambil langkah-langkah untuk memerintahkan para petugas dan warga agar tidak melanjutkan kegiatan penanganan untuk sementara dan melakukan evakuasi terhadap kemungkinan adanya warga ke tempat lain yang lebih aman. ****

Share disini :
error: Content is protected !!