oleh

Kiprah Tiga Tahun MOI Di Balantika Media-Media Online Indonesia

-Berita, Daerah, Ragam-30 views

DELIKNEWS.ID, OKU – Organisasi merupakan wadah perkumpulan skala besar maupun kecil. Yang secara umum dalam pengertian organisasi adalah suatu wadah perkumpulan atau juga tempat bagi sekelompok orang maupun golongan yang bekerjasama seprofesi (dalam hal pers) dengan terstruktur, guna mencapai tujuan tertentu, Sabtu (04/09/2021).

Diketahui, saat ini sedang tumbuh kembang media-media online di Indonesia, beragam bentuk corak dan warna dalam penyajian indeks yang disampaikan melalui berita, baik tayangan seremonial, kriminal, seni budaya, pun berita-berita hoax turut menjadi santapan lezat bagi para penulis juga pembacanya.

Persatuan Media Online Indonesia (PMOI-MOI), meski baru berumur 3 tahun, namun kiprahnya dalam percaturan media-media online yang ada di Indonesia tak dapat dipungkiri, MOI memang tak bisa dipandang sebelah mata.

Berita-berita yang diterbitkan kepada masyarakat baik kalangan atas maupun kalangan bawah selalu Up-to-date, hangat dan berimbang ditambah (No Hoax).

Hal ini semua berkat edukasi, juga bimbingan dari semua pimpinan perusahaan media yang terdaftar di PMOI-MOI. Pun, para jurnalis nya dibimbing agar tetap dengan cara santun, tegas dan lugas dalam penyajian berita. Harus benar-benar yang Up-to-date tanpa berita hoax dan tak lepas dari UU No. 40 tahun 1999 tentang pers.

“Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi”

Selaku kontrol sosial dalam dunia pers, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media.

Perlu diketahui, bahwa perbedaan Media Online dan Media Sosial (Medsos) terletak pada dari sisi peruntukannya. Media Online lebih ditujukan kepada produk jurnalisme berupa pemberitaan, sedangkan medsos bersifat komunikasi sosial.

Sementara itu Pimpinan Redaksi (Pimred) Media Perwirasatu.id Online. R Satria Santika yang lebih dikenal dengan sebutan Bro Tommy mengatakan, bahwa Pers itu sudah mendarah daging di dirinya dan sesuatu yang tidak bisa di lepaskan.

Bro Tommy juga mempunyai yang cita-cita yang luhur dia, ingin memberikan subsidi untuk semua media-media Online yang belum berbadan hukum, ucapnya.

Dirinya juga optimis bahwa “MOI sebagai satu-satunya organisasi perusahaan Pers yang besar dan menciptakan perusahaan pers yang sehat dan tunduk terhadap hukum”

Dikatakannya bahwa, MOI mampu menyehatkan seluruh media online yang tidak berbadan hukum di seluruh pelosok Nusantara.

R. Satria Santika, menegaskan, “Bahwa media-media online yang ingin memiliki badan hukum dengan, sarat haruslah menjadi bagian atau anggota dari Media Online Indonesia (MOI)” tegasnya. (Mars)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed