Just another WordPress site

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis Dan Pengeluaran Arsip Vital Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Deliknews.id – Kegiatan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis dan Pengeluaran Arsip Vital di adakan di Kantor Dinas Kearsipan Sumatera Selatan Kota Palembang, Selasa (30-8-2022)

Di saat waktu senggang awak media mewancarai Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Bapak. Prof. Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos, MM. yang di Wakili Kabid Pembinaan Kearsipan Bapak. H. Ilham Jaya SP., M.Si jadi tanggal 29 – 30 ini kami melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis dan Pengeluaran Arsip Vital tujuannya kenapa, tujuannya pertama adalah memberikan pembekalan kepada Arsiparis memberikan pembekalan kepada pengelola Arsip yang berasal dari Dinas yang ada di Provinsi maupun yang berasal dari Lembaga Kearsipan yang ada di 17 kabupaten kota Sumatera Selatan,

Untuk apa melaksanakan pembekalan itu agar Mereka-mereka ini Mengerti bagaimana cara mengelola Asetatif dan bagi OPD Mengerti bagaimana cara menyerahkan Arsip Statis kepada Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi, Mereka-mereka ini diberikan pembekalan selama dua hari dengan Narasumber yang berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia dan juga dari dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kepala Dinas dan Pejabat Fungsional yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, itu Narasumbernya Peserta yang hadir lebih kurang 73 orang, nah hasil akhirnya kita nanti mengharapkan ada penyelamatan Arsip-arsip Statis baik yang ada di Perangkat Daerah maupun juga Arsip-arsip Statis yang ada di Masyarakat, Bapak Kepala Dinas Prof. Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos, MM. memberikan Support yang sangat Besar sangat Tinggi terhadap Penyelenggaraan Bimbingan Teknis ini,

Makanya Peserta yang datang sangat Antusias terbukti dihadiri oleh beberapa OPD dan juga Kabupaten Kota, Kepala Dinas memberikan pesan kepada peserta agar kita semua sadar Arsip untuk apa Arsip itu, penting Arsip itu menyelamatkan adanya kita hari ini adanya cerita hari ini kemerdekaan dari mana kita tahu itu dari Naskah Proklamasi kalau seandainya, Naskah-naskah itu hilang kita enggak tahu begitu Merdeka yakin enggak tahu kita Merdeka, “seandainya Bapak Ibu sekalian misalnya lahir dari mana tahu karena ada Akte Kelahiran”

Baca Juga ➡  BIMTEK Ketahanan Pangan Bagi Perangkat Gampong dan Pengurus BUMG Dinilai Bermanfaat dan Tepat Sasaran

Coba kalau aku yang tidak punya atau Arsip Vital, “lain itu punya tanah dari mana dari surat tanah terutama sekolah dari ijazah, misalnya Jembatan Ampera ada bukti pembangunannya Nah sekarang Sumatera Selatan sudah memiliki Dokumen Arsip tentang Jembatan Ampera sehingga kita mengetahui Jembatan Ampera itu dibangun dalam bentuk ada tiga kontra misalnya kan Jembatan Ampere itu dibangun tujuannya menyatukan antara Hulu dan Hilir, yang tadinya Budaya Masyarakat kita dalam maritim berubah menjadi daratan Nah itu”

Perubahan-perubahan nah hasil-hasil itu penting untuk kita selamatkan penting untuk kita kelola sehingga Anak Cucu kita yang akan datang mengetahui, kan mengetahui bahwa kejadian-kejadian Tahun-tahun sebelumnya itu melalui Arsip, kalau udah ganti Arsipnya namanya Legenda Cerita di Masyarakat, Sumatera Selatan dikukuhkan sebagai tempat Penyelenggaraan PON pertama kali dari mana Surat Keputusan berarti kan nah itulah pentingnya Arsip, untuk menyelamatkan kalau Surat Tanah hilang kemiringan gitu batas Wilayah, hilang misalnya kepulauan Pulau Sipadan Ligitan karena kita tidak menguasai tidak memiliki Bukti-buktinya, sehingga sangat berpesan agar semua bagian Masyarakat itu harus sadar tertib itu penting kalau kamu simpan di rumahnya, Tapi kalau Arsip dengan sifat Bersejarah kamu serahkan dengan Arsip itu kan bisa jadi pelajaran bisa jadi digali sehingga dia menjadi Sejarah, tapi kalau kita simpan di Rumah rusak tidak dirawat Arsip itu kalau dia di sini dirawat mulai dari tempat penyimpanan dia di lokasi AC di ada Anti Kebakarannya ada Anti Rayapnya setiap 6 bulan sekali itu dipublikasi supaya tidak tumbuh merayap tempat Penyimpanan, Tuturnya,.( Adi)

error: Content is protected !!