Karimun Usman : Meminta kepada Gubernur Nova tetap mempertahankan JKA di Aceh

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Banda Aceh – Karimun Usman Wantim PDIP Aceh mengatakan Semoga saja Pemerintah Aceh diakhir masa tugasnya tidak meninggal image dan preseden buruk dimata rakyat. Kalau kita gali sedikit kebelakang, apabila bandingkan dengan dokumen visi dan misi pembangunan Aceh bidang kesehatan, maka sebenarnya telah tercantum amanah yang seharusnya dijalankan.

Berdasarkan ruhnya, JKA itu lahir dan jalan ketika gubernur Irwandi Yusuf dan wakil gubernur Nazar menjabat Gubernur wakil gubernur Aceh periode pertama tahun 2006. Ini merupakan program kesehatan gratis bagi rakyat Aceh yang dibiayai dana otsus. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, telah mengamanatkan bahwa seluruh masyarakat Aceh harus mendapatkan akses yang sama terhadap layanan kesehatan tegas Karimun.

Dan ini telah banyak Manfaat Nya bagi Masyarakat Aceh Baik di Kota Maupun di Pedesaan . Apa lagi Bagi Masyarakat yang kurang Mampu . Saya Berharap Wacana Penghapusan JKA Oleh Gub Nova Iriansyah , April 2022 , tidak di Laksanakan . Bahkan kalau bisa besarnya Jaminan Kesehata Aceh ditambah sebut Karimun.

Karimun melihat Hal hal sudah berjalan dengan baik dan tak melanggar Aturan Pemerintah Aceh , kalaulah tak mungkin ditingkatkan Jangan dihilangkan . Saya juga Atas nama Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Aceh , Mengharapkan JKA tetap di Pertahankan . Di Aceh juga banyak Buruh-buruh Dari Perusahan Anggota Kadin Sangat mengharakan JKA itu Tetap Ada . Apalagi Sisa Masa Pengabdiaan Gub Nova Iriansyah sudah dekat , Sudah sepantasnya kalau tidak membuat JKA yang ada lebih baik janganlah di Hapus !!

JKA didesain untuk menjangkau hingga seluruh penduduk Provinsi Aceh, makanya disebut dengan “universal health coverage” pertama di Indonesia. Ini merupakan terobosan Irwandi Yusuf yang fenomenal, ketika itu lahir tidak ada provinsi lain di Indonesia yang berani menerapkannya sistem Universal Health Coverage.

Mungkin bagi sebagian orang berkesimpulan bahwa program ini adalah program malas berfikir. Padahal kenyataan tidak demikian, ini merupakan amanat undang-undang yang dampaknya sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan akhirnya menjadi populis contoh nya Karimun.

Karimun menyebutkan Sistem ini dicontoh oleh Nasional untuk program kesehatan nasional dan juga DKI Jakarta melalui Kartu Jakarta Sehat. Karena keberhasilan program JKA inilah Irwandi Yusuf ketika itu masih menjabat Gubernur Aceh dianugerahi “Ksatria Bhakti Husada.

Juga saya meminta kepada DPRA segera memberikan peringatan kepada gubernur Aceh soal pemberhentian JKA ini , jangan diam mari melakukan pengawasan kepada gubernur untuk jaminan kesehatan Aceh agar masyarakat sejahtera.

PDI Perjuangan provinsi Aceh adalah sebagai salah satu Partai Pengusung Gubenur , Irwad – Nova , Yang Sangat Memihak pada Rakyat Kecil , maka sekali lagi Berharap JKA di Aceh tetap di pertahankan tutup ayah Karimun. (HS)

Share disini :
error: Content is protected !!