DPD SKPPHI Angkat Bicara Atas Dugaan Pelanggaran Kades Gelaman

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Sumenep – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Study Kebijakan Publik Penegakan Hukum Indonesia (SKPPHI) Jawa Timur angkat bicara prihal pelanggaran yang diduga dilakukan oleh kades Gelaman Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada Kamis (24/03/2022).

Sidang hari ini diadakan di pengadilan Negeri Sumenep dengan tuduhan pasal 263 ancaman diatas 6 (enam) tahun kurungan penjara.

Menurut ketua DPD SKPPHI Jawa Timur, R. Yulinda Handayani Tan, ia mengatakan bahwa,

” Sidang hari ini adalah agenda Keterangan saksi berdasarkan pasal 263, seharusnya ditahan, kenapa tidak ditahan? Siapa yang menjamin ia tidak mengulangi lagi perbuatannya..?” Ungkap Ketua DPD SKPPHI Jawa Timur yang akrab di sapa Xiolie Tan tersebut Kepa awak media.

Lanjutnya, ” Terdakwa adalah seorang kepala desa, yang seharusnya menjadi panutan orang banyak. Kenapa tidak ditahan ..?? Sedangkan maling ayam saja ditahan.” Lanjutnya bernada kesal.

Menurut Xiolie Tan, tidak pantas bagi seorang pemimpin memberikan contoh yang tidak baik dengan memalsukan dokumen, padahal tersangka pernah menjalani hukuman sebelumnya. Ada apakah dibalik semua itu…???

Yulinda menjelaskan bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sesorang kalau hendak mencalonkan diri menjadi kepala desa,

” Ada persyaratan mutlak yang harus dipenuhi seorang calon Kepala Desa, yakni Surat Pernyataan Bahwa ia belum pernah dijatuhi ancaman hukuman 5 Tahun atau Lebih.” Ujar nya.

” Kemudian untuk pemanggilan saksi-saksi seharusnya ada tenggang waktunya, namun ini terkesannya mendadak. Apalagi keberadaan saksi tersebut di kepulauan yang jauh, harus naik kapal dulu menuju tempat persidangan, dan itupun tidak setiap hari ada kapal yang menyebrang.” Terang Yulinda.

Yulinda berharap, ” Untuk para saksi kami harap harus memberikan keterangan yang sebenarnya sesuai fakta.” Harapnya.

” Kami atas nama DPD SKPPHI Jawa Timur meminta majelis hakim menghukum terdakwa yang seberat-beratnya demi tegaknya keadilan masyarakat kepulauan Kangean. Dan kami akan kawal terus Kades Gelaman selama proses pengadilannya sampai tuntas.” Pungkas Yulinda Tan.

Sumber : Yulinda Tan (Ketua DPD SKPPHI Jatim)
Editor : Ajb

Share disini :
error: Content is protected !!