oleh

Disela sela Latihan SAR, TNI AL Puspenerbal Sapa Warga dengan Baksos

Deliknews.id, Sidoarjo – Ditengah kegiatan Latihan Search And Rescue (SAR) Tahap II, prajurit Puspenerbal tidak melupakan jati diri sebagai Tentara Rakyat dan Tentara Pejuang, Minggu (19/09). Kegiatan Latihan SAR dilaksanakan di hutan Selogiri dan Pantai Banongan Situbondo.

Meski harus fokus melaksanakan kegiatan Latihan Search And Rescue (SAR), Prajurit Puspenerbal masih menyempatkan diri untuk menyapa rakyat dengan melakukan Bakti sosial berupa serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim dan pengobatan umum serta membagikan paket Sembako kepada warga masyarakat setempat.

“Di sela-sela kegiatan Latihan Search And Rescue (SAR) ini, kita melaksanakan Bakti sosial, berupa penyutikan vaksin dosis 1 dan dosis 2 serta pengobatan umum dan pembagian paket sembako kepada warga masyarakat di sekitar daerah latihan,” kata Komandan Puspenerbal Laksmana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han.

Lanjut Edwin sapaan akrabnya, Alhamdulillah dalam baksos penyuntikan vaksin ini kita memvaksinasi 50 orang terdiri dari 44 orang vaksin dosis satu dan 6 orang vaksin dosis dua, Puspenerbal juga melaksanakan pengobatan umum bagi masyarakat. Selanjutnya masyarakat yang telah divaksin mendapatkan paket sembako. 

Kegiatan baksos ini merupakan wujud kepedulian Prajurit TNI khususnya Puspenerbal, terhadap warga masyarakat di daerah latihan yang berada di daerah pantai Banongan dan sekitarnya.

Baksos seperti ini merupakan salah satu poin dari Delapan Wajib TNI, yakni “Menjadi Contoh dan Mempelopori Usaha-Usaha untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya,” dan juga merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam mendukung program pemerintah guna mempercepat terbentuknya Herd Immunity.

“Jadi, meski sedang fokus latihan, kami sebagai Prajurit Sapta Marga tetap memperhatikan rakyat di sekitar. Karena, Rakyat adalah ibu kandung TNI, dan TNI akan semakin kuat jika bersama Rakyat,” jelasnya. 

Sebagai vaksinator kegiatan baksos ini tenaga kesehatan (Nakes) dari Rumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda Puspenerbal dengan menggunakan Vaksin Sinovac. 

“Semoga yang kami lakukan ini bermanfaat dan akan semakin menumbuhkan kecintaan Rakyat kepada TNI, sehingga Prajurit TNI akan semakin kuat dalam melaksanakan tugas pengabdian menjaga kedaulatan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sumber : Kabagpen Puspenerbal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed