deHills Radio Unjuk Diri di Hari Musik Nasional

Share disini :

Jakarta, Deliknews.id – Hari Musik Nasional yang diperingati pada 9 Maret mulanya bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dan musisi terhadap musik Indonesia.Rabu (09/3/2022).

Hari Musik Nasional diharapkan menjadi simbol dan spirit kebangkitan musik nasional. Tanggal 9 Maret dipilih karena bertepatan dengan tanggal lahir Wage Rudolf Soepratman atau WR Supratman.

Kini seiring berkembangnya industri musik tentu membuat ekosistem di dunia musik sendiri perlu perhatian yang lebih cermat.

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional ini deHills radio streaming hadir sebagai salah satu wadah dan media yang sangat erat dengan musik. Siaran deHills dapat dijangkau di berbagai pelosok dunia karena sistem streaming yang membuat siapapun dapat mendengarkan selama terhubung dengan akses internet.

Turut hadir pada perayaan launching perdana deHills radio di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa musisi senior seperti Piyu (Padi Reborn) dan Ferdy (Element), hadir pula musisi muda tanah air yang juga mempromosikan musik mereka seperti grup Pasto, Rafael Tan, Inaya Idol, dan Uci Amirta mereka juga turut memberikan pandangan tentang bagaimana membangun karir di industri musik.

Selain musisi, tak ketinggalan beberapa sosok yang juga memiliki peran penting di industri musik seperti Denny MR (Pengamat musik), Arya Setiadi, Alvin Witarsa, Fajrin (Label Alfa Records), Prita (Hard Rock FM & Ketua Asosiasi Music Director Indonesia), dan Toni Wenas ( Ketua Umum PAPPRI). Masing-masing memberikan pandangan tentang industri musik dari kacamata profesional mereka yang merupakan bagian dari ekosistem musik tanah air.

Para musisi dan pengamat tersebut menyampaikan beberapa hal terkait kondisi musik nasional. Mereka sepakat bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

“Industri musik Indonesia saat ini memang semakin berkembang, musisi dan penyanyi berbakat banyak bermunculan, ini sesuatu yang positif,namun tetap harus dibarengi dengan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada para para pelaku industri musik, misalnya dengan terus memperbaiki berbagai peraturan tentang perlindungan terhadap karya para musisi,” ujar Ferdy Element.

“Pemerintah harus memberikan dukungan yang real terhadap industri musik, jangan sampai Hari Musik Nasional ini hanya jadi kegiatan seremonial tanpa makna, tapi benar – benar dijadikan momentum kebangkitan dan kejayaan musik Indonesia,” ungkap Denny MR.

Sementara itu, para musisi juga berharap Melalui penetapan ini, prestasi musik Indonesia diharapkan dapat meningkat hingga mampu mengangkat derajat musik di Tanah Air.

“Masa pandemi ini sangat berpengaruh terhadap kami para musisi, pada peringatan Hari Musik Nasional ini kami berharap Semoga pandemi segera berakhir dan bisa kembali berkarya dan bekerja seperti biasa,” imbuh Sion dan Rohan ‘Pasto’.

“Musik Indonesia akan dapat lebih berkembang lagi dan diharapkan menjadi suatu ekosistem yang kuat jika dari setiap lininya dapat bersinergi untuk saling mendukung.” pernyataan dari Herry selaku Station Manager deHills radio streaming.

Selain membuka ruang dialog, deHills streaming radio juga akan memulai rangkaian KWC atau Karaoke World Championship yang merupakan ajang pencarian bakat bagi talent-talent baru yang ingin menjajal kemampuan bernyanyi hingga ke mancanegara karena pada tahun ini final dari ajang KWC akan diselenggarakan di Norwegia, dan tentunya akan bersaing dengan peserta dari berbagai belahan dunia.

deHills radio streaming sebagai pemegang lisensi penyelenggaraan ajang Karaoke World Championship dan juga Summer Festival untuk wilayah Indonesia berharap melalui hari musik ini selain dapat meningkatkan apresiasi terhadap musik, juga akan dapat semakin menambah semarak geliat musik tanah air.

Acep Sanusi

Share disini :
error: Content is protected !!