Bupati Tanggamus Menerima Audiensi Jajaran KTNA ( Kelompok Tani Nelayan Andalan ) Kabupaten Tanggamus

Share disini :

DELIKNEWS.ID, Tanggamus ~ Bupati Tanggamus Menerima Audiensi dari Jajaran KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Tanggamus

Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan organisasi masyarakat sebagai wadah musyawarah petani-nelayan sekaligus sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. “Sesuai dengan fungsi tersebut, KTNA kita arahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan potensi pertanian, perikanan dan perkebunan. Selain itu KTNA juga berperan penting untuk menampung aspirasi petani hingga para nelayan untuk disampaikan kepada pemerintah,”demikian disampaikan Bupati Dewi Handajani yang sekaligus selaku Pembina KTNA Kabupaten Tanggamus saat menerima audiensi jajaran pengurus KTNA kabupaten tanggamus di ruang rapat bupati Tanggamus, Rabu sore ( 16/02).

Menurut Bupati Dewi Handajani, KTNA sebagai mitra pemerintah dan ujung tombak bagi para petani, pekebun hingga nelayan memiliki potensi dalam memajukan pertanian, perikanan termasuk sektor perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus. Bupati juga sampaikan kepada jajaran KTNA terkait dengan Kartu Petani Berjaya agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan para petani, “Peran yang dimiliki KTNA sangat besar dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian, perikanan dan perkebunan. Saya ingin bagaimana kedepannya KTNA ini agar bisa mendistribusikan hasil produk petani dan nelayan kita dalam memenuhi kebutuhan restoran yang ada di kabupaten tanggamus, sehingga kita mampu mewujudkan bela beli menjadikan masyarakat bangga jadi petani,”ujarnya.

Untuk itu Bupati Dewi Handajani ingin mendorong dan mengintensifkan koordinasi dan kolaborasi KTNA dengan dinas terkait di semua wilayah. “Dengan adanya sinergi dan kolaborasi KTNA dengan para penyuluh pertanian diharapkan mampu merangkul membina, mendorong dan membantu para petani dan juga nelayan di lapangan. Karena hanya dengan penyuluhan, aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dapat dikembangkan,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua KTNA Maradatu menyampaikan, “Pada kesempatan ini kami menghadap ke Ibu Bupati kabupaten tanggamus yang juga selaku Pembina KTNA Tanggamus, guna meminta masukan dan arahan beliau dalam rangka bagaimana kita bisa meningkatkan peran dan fungsi KTNA bagi para petani dan nelayan yang ada di wilayah kabupaten tanggamus. Sekaligus kami ingin menyampaikan aspirasi teman-teman di lapangan untuk diteruskan kepada ibu Bupati” ucapnya seraya berharap KTNA di bawah binaan Bupati Dewi Handajani bisa terus menjadi motor penggerak dan penyalur aspirasi dalam perumusan kebijakan bagi peningkatan kesejahteraan petani. ( Wawan Gunawan)

Share disini :
error: Content is protected !!