Baitul Mal Aceh Tenggara Salurkan Zakat  Fakir 2,5 M  Jelang  Ramadan dan Aidul Fitri 1443 H /2022

Share disini :

DelikNews.id, Kutacane – Kasirin S.Ag Ketua Dewan Pengawas Baitul Mal Aceh Tenggara Minta kepada Semua pihak agar dapat sama sama mengawasi penyaluran dana Zakat sebesar 2,5 Milyar Tahap pertama  khusus untunk Fakir.Tahun 2022.di Kutacane 4/4/2022.

Kasirin menjelaskan adapun besaran penyaluran Zakat ini perFakir dalam bentuk Uang Tunai Rp 500.000. dan Satu lembah kaei Sarung kwalitas nomor 1 dengan harga Rp 70.000.

Penyaluran ini berdasarkan hasil Rapat dan  Kesepakanan bersama antara Dewan Pengawas dengan Badan Baitul Mal beberapa waktu lalu di Ruang Rapat Dewan Pengawas yang langsung di Pimpin Ketua Dewas Kasirin Sekedang S Ag dan  Plt BMK Tgk Masdin Assingkili dengan Dewan Pengawas yang turut dihadiri seluruh anggota Dewas dan Pengurus BMK Serta Sekretariat.

Berdasarkan Usulan yang di ajukan BMK  dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan serta Hari Raya Aidul Fitri Dewas menyetui penyakuran tahap pertama Rp 2,5 Milyar. dari yang di Usulkan Rp 3,5 Milyar.

Kasirin Menjelaskan saat ini sudah dalam tahap Pendataan dengan melibatkan Camat seluruh Aceh Tenggara dan Para Pengulu khususnya yang berpenduduk Muslim. (Islam).

Selanjutnya Data nama nama Fakir yang di sampaikan para pengulu itu, selanjutnya akan di Verifikasi faktual secara langsung ke Nama2 dan Tempat Tinggal Fakir calon penerima Santunan dari Baitul Mal dari Sumber Dana Zakat.

Tim pendataan dan tim verifikasi langsung di Ketuai oleh Anggota Dewan Pengawas yang terdiri dari 6 Wilayah Kerja yaitu Tim 1. Kecamatan Babussalam, Lawe Bulan dan Deleng Pokhisen Ketua Timnya Rudi Hartono S SI. Sekretaris Dewas,

Kecamatan Bambel, Lawe Sumur dan Bukit Tusam Ketua Timnya Ahmad Subban. SH.

Kecamatan Semadam, Lawe Sigala Gala, dan Babul Makmur Ketua Timnya Tgk Kamidin. S.Pdi.

Kecamatan Badar, Darul Hasanah dan Ketambe Ketua Tim Saharliyan Amin S Pdi MM. Kecamatan Lawe Alas, Taboh Alas dan Babul Rahmah langsung menjadi Ketua Tim Kasirin S.Ag Ketua Dewas.

Sedangkan Kecamatan Leuser merupakan Wilayah Khusus Ketua Tim Sabri Kasubag Sekretariat Baitul Mal.

Adapun Zakat yang di salurkan kepada Fakir mencapai 5000 Orang dengan paket berupa Uang Rp 500.000 dan Kain Sarung kwalitas no 1. seharga Rp 70.000.

Setelah data Fakir masuk seluruh Nama akan di Verifikasi hasil dari Verifikasi di jadikan menjadi Data Best Fakir Aceh Tenggara untuk tahun tahun berikutnya.

Kasirin Alumni UIN Ar Raniry ini menjelaskan  Fakir merupakan Muztahik yang paling utama mendapatkan manfaat Zakat  selain muztahik yang lain.

Adapun yang di maksud dengan Fakir sesuai Surat Edaran Dewan Pertimbangan Syariah Badan Baitul Mal Aceh (BMA)  Prof DR Alyasak Abubakar MA. adalah Orang yang  tidak memiliki Tenaga dan Kuasa dalam memenuhi kebutuhan Hidupnya dan Juga tidak memiliki harta yang memadai memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Seperti. Orang Tua Jompo karena Usia. Orang Cacat Secara Permanen. Sakit menahun, dan Anak di bawah Umur Terlantar atau anak Yatim piatu yang Miskin Harta.
pada Sisi lain adalah yang tidak mendapat penghasilan tetap atau Gaji dari Negara seoerti ASN, Pensiun ASN,TNI POLRI, atau Pensiun lain yang Bersumber dari Uang Negara atau BUMN/BUMD. Jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga Kasirin minta kepada semua Pihak Rekan rekan Media, LSM BPK Kute dan Perangkat Kute Agar sama sama mengawasi penyaluran Zakat ini agar Sampai kepada yang berhak dan tepat sasaran.

Apa bila ada oknum oknum yang mengambil keuntungan dan menyalah gunakan  kesempatan  dengan Bukti bukti yang Cukup  untuk dapat di laporkan ke Dewas atau Pihak Berwajib Aparat Hukum (APH).( Kasirin Sekedang).

Share disini :
error: Content is protected !!