Alumnus SKPP Bawaslu Medan Sukses Dirikan Indonesian Legal Research Social Comity (ILRSC)

Share disini :

Medan – 5 (lima) bulan Pasca kegiatan SKPP tingkat dasar Bawaslu Republik Indonesia di Sumatera Utara telah berlalu. Kegiatan tersebut diikuti kader pemuda-pemudi terbaik di Sumatera Utara untuk mewujudkan partisipasi kalangan masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

Sebagai hasil Pendidikan SKPP Tingkat Dasar Bawaslu di Simalungun beberapa bulan yang lalu, telah melahirkan cendekiawan muda bangsa yang kritis dan peduli terhadap bangsa khususnya dalam penelitian dan pengembangan hukum guna mendukung penegakan hukum di masyarakat menjadi berkesinambungan.

Sebagai contoh, 2 (dua) orang alumni SKPP Tingkat Dasar Kontingen Medan, yakni Fahrizal S.Siagian, S.H. dan Fahmi Mulia Ashari Sitorus, S.H. berhasil mendirikan suatu lembaga yang bergerak dalam bidang Penelitian dan pengkajian hukum dan sosial pada Minggu, 13 Februari 2022 kemarin. Lembaga itu dinamakan Indonesian Legal Research Social Comity (ILRSC).

Indonesian Legal Research Social Comity (ILRSC) memiliki divisi-divisi berdasarkan ranah kajian hukum yang dibahas. Lembaga ini digerakkan oleh Fahrizal S.Siagian, S.H., selaku Kordinator I Bidang Kajian Kepidanaan – Tata Negara dan Fahmi Mulia Ashari Sitorus, S.H. selaku Kordinator II Bidang Kajian Keperdataan dan Administrasi Negara.

Lembaga ini bergerak dalam bidang penelitian dan pengkajian hukum Indonesia. Lembaga ini nantinya akan bersinergi dengan Lembaga Pemerintahan dan Fakultas-Fakultas Hukum di Seluruh Indonesia. Sebagaimana yang diutarakan Oleh Kordinator I, Fahrizal S.Siagian, S.H.

“ya, lembaga ini (ILRSC) nantinya akan berfokus pada penelitian, pengembangan dan pengkajian hukum yang kemudian bersinergi dengan Lembaga Pemerintahan dan Fakultas Hukum Seluruh Indonesia, tapi itu butuh proses ya, nah kita bakalan kearah situ.” Demikian ucapnya.

Kordinator II, Fahmi Mulia Ashari Sitorus, S.H. menyampaikan agenda dalam minggu ini ialah melakukan pendekatan dan konsolidasi dengan akademisi serta pihak-pihak terkait.

Menurut Fahmi, hal ini bertujuan untuk bersilaturrahmi apalagi menyambut bulan Suci Ramadhan yang sudah sebentar lagi.   Agenda ini sekaligus memperkenalkan lembaga (ILRSC) yang baru saja didirikan. Demikian pungkas Fahmi yang juga merupakan akademisi Universitas Dharma Wangsa Medan.(red)

Share disini :
error: Content is protected !!